Welcome to my site.. Disini saya membagikan semua hal yang saya ketahui ., agar menjadi tambahan pengetahuan baru bagi anda yang sedang mencari dan tak mendapatkan Tolong hargai ., dan jadilah pengunjung setia Csiters yaa?

Iklan

Jangan Lupa Kunjungi

Pengertian Peninggalan-Peninggalan Zaman Pra-sejarah Secara Singkat


Ini adalah Pengertian dan Penejelasan tentang alat-alat peninggalan pada zaman pra sejarah secara singkat ., semoga dapat membantu adek-adek semua..

1. Kjjokenmodinger
Image result for kjokkenmoddinger 
Kjokkenmoddinger adalh timbunan atau tumpukan sampah kerang berdiameter sampai 100 meter dengan kedalaman 10 meter .,Kjjokenmodinger dikategorikan dalam kebudayaan Mesolitikum

2. Abri Sous Roche
Image result for abris sous roche









Abri Sous Roche adalah gua yang digunakan sebagai tempat tinggal oleh manusia pra-sejarah ., Abri Sous Roche merupakan hasil kebudayaan Mesolitikum

3. Kapak Persegi
 Kapak persegi atau kadang juga disebut beliung persegi adalah alat-alat batu yang berbentuk persegi dan atau trapesium. Perkembangan kapak persegi ini diperkirakan seiring dengan dimulainya periode neolitik yaitu sekitar 12.000-3.000 tahun yang lalu.

4. Kapak Lonjong
Kapak lonjong adalah hasil kebudayaan pada zaman neolitik. Kapak tipe ini terbuat dari batu kali dan yang telah dihaluskan sedemikian rupa.

5. Menhir
Menhir adalah struktur bangunan dari batu utuh yang langsung diambil dari alam atau telah lebih dulu diubah, kemudian dengan sengaja didirikan oleh manusia. Menhir ditegakan secara tunggal (monolith) atau disusun berkelompok; berjajar maupun melingkar.

6. Sarkofagus
Sarkofagus adalah peti batu atau keranda mayat yang dibuat dari batu. Sarkofagus terdiri dari dua bagian; wadah dan penutup.

7. Dolmen
Dolmen berkembang pada masa-masa awal Neolitik (kurang lebih 10.000 Sebelum Masehi). Dolmen seperti sebuah “meja” yang terbuat dari batu, besar, dan datar yang kadang disangga oleh tiga atau lebih batu di bawahnya.

8. Kubur Batu
 Kubur batu dari segi bahan dan fungsinya tidak lah berbeda dengan sarkofagus (peti batu). Yang membedakannya adalah kubur batu merupakan struktur kubur yang berada di bawah permukaan tanah, sedangkan sarkofagus adalah peti batu yang ditempatkan di atas permukaan tanah.

9. Waruga
Waruga adalah kubur atau makam leluhur orang Minahasa yang terbuat dari batu dan terdiri dari dua bagian . Bagian atas berbentuk segitiga seperti hubungan rumah dan bagian bawah berbentuk kota yang bagian tengahnya ada ruang.

10. Punden Berundak
Punden berundak merupakan contoh dari struktur tertua buatan manusia yang tersisa di indonesia , beberapa dari struktur tersebut beranggul lebih dari 2000 tahun yang lalu. Punden berundak bukan merupakan bangunan tetapi merupakan pengubahan benteng atau lahan yang mirip seperti tangga raksasa

 Sekian..,jika ada kesalahan mohon dimaafkan hehehe...
Labels: Pelajaran

Thanks for reading Pengertian Peninggalan-Peninggalan Zaman Pra-sejarah Secara Singkat. Please share...!

0 Comment for "Pengertian Peninggalan-Peninggalan Zaman Pra-sejarah Secara Singkat"

Back To Top